. LEARNING BIOLOGY IS FUN: KONSEP KEHIDUPAN
RSS

KONSEP KEHIDUPAN


                Suatu benda dikatakan hidup jika benda itu mampu tumbuh dan berkembang, adanya sistem transportasi, ekskresi, respirasi, iribilitasi, reproduksi, adanya nutrisi, koordinasi dan adaptasi.
A.      A. Abiogenesis
                Paham Abiogenesis disebut juga paham generatio spontania yang dikemukakan Aristoteles (394-322). Ilmuwan Yunani ini berpendapat bahwa makhluk hidup berasal dari benda mati yang timbul secar spontan karena adanya gaya hidup. Paham ini juga di perkuat Antonnie van Leeuwenhoek (penemu mikroskop) yang berasal dari Belanda. Van Leeuwenhoek menemukan adanya jentik-jentik (makhluk hidup) pada air hujan dan rendaman jerami di bawah mikroskopnya.

B.      B.Teori Biogenesis
                Menurut teori ini, makhluk hidup berasal dari makhluk hidup sebelumnya (omne vivum ex ovo, omne ovum ex vivo). Ada beberapa orang yang berpendapat secara biogenesis.


1.       Francesco Redi (1968)
-          Ilmuwan Italia yang menentang teori Abiogenesis. Ia melakukan percobaan dengan media potongan daging yang dimasukkan ke dalam tabung yang tidak ditutup. Ia berkesimpulan bahwa larva (kehidupan) bukan berasal dari daging yang membusuk, tetapi dari lalat yang dapat masuk ke dalam tabung dan lalat tersebut bertelur pada sayatan daging.

2.       Lazzaro Spallanzani (1729-1799)
-          Seorang filsuf Italia yang menentang Abiogenesis. Ia melakukan percobaan dengan media kaldu ayam. Ia memasukkan kaldu ke dalam 2 tabung. Satu ditutup dengan kain kassa dan satu lagi dibiarkan terbuka. Hasilnya sebagai berikut.
a.       Pada tabung yang ditutup tidak terdapat kehidupan. Hal ini membuktikan bahwa kehidupan bukan berasal dari air kaldu.
b.      Pada tabung terbuka terdapat kehidupan yang berasal dari udara sehingga ia berkesimpulan bahwa kehidupan yang terjadi pada air kaldu disebabkan pemanasan yang tidak sempurna sehingga mikroorganisme tidak terbunuh
secara sempurna dan udara yang masuk ke dalam tabung.

3.       Louis Pasteur (1822-1895)
-          Mengadakan percobaan menggunakan media air kaldu yang dimasukkan dalam labu yang berbentuk leher angsa untuk membuktikan bahwa mikroorganisme terdapat di udara bersama dengan debu. Hasilnya, mikroorganisme yang tumbuh ternyata bukan berasal dari benda mati (cairan), tetapi dari mikroorganisme yang terdapat di udara yang ikut masuk. Percobaan Pasteur ini meruntuhkan teori Abiogenesis (generation spontanea).

4.       Teori Urey dan paham Oparin
-          Untuk menjawab asal-usul kehidupan, muncullah para ilmuwan yang mengemukakan berbagai pendapat tentang asal-usu kehidupan.
a.        Teori Harold Urey (1893)
                Mengemukakan pendapat bahwa kehidupan berasal dan terjadi pertama kali di udara (atmosfer). Pada saat tertentu dalam sejarah perkembangan Bumi yang hanya terjadi satu kali, terbentuk atmosfer yang kaya akan molekul-molekul CH4, NH3, H2, dan H2O. Dengan menggunakan arus listrik sebagai penghantar panas, karena adanya loncatan listrik akibat halilintar dan sinar kosmik, terjadilah suatu senyawa yang disebut asam amino yang memungkinkan terjadinya kehidupan.
b.      Paham Oparin
        Oparin adalah seorang ilmuwan Rusia. Ia berpendapat bahwa kehidupan pertama terjadi di cekungan pantai yang bahan-bahannya terdapat dari lautan atau muara.


Source: S, Sinta Purnama & Zakrinal.2009.Jago Biologi SMA. Jakarta: Media Pusindo

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment

Glitter Words